Berbicara Untuk Dimengerti

Yakinkan Kata-kata Anda Selalu Bisa Dimengerti

Kellie Fowler
Mind Tools Ltd.

Berbicara untuk dimengerti, dan yakinkan kata-kata anda selalu dapat dimengerti. Seperti apa dapat dimengerti? Secara umum, kata-kata yang dapat dimengerti mencakup :

  • Jelas
  • Telah dipersiapkan
  • Hidup dan menyala
  • Alamiah
  • Ringkas

Jelas dimengerti disini berarti lawan bicara Anda, baik secara personal ataupun kelompok paham dengan apa yang Anda katakan. Tujuan yang ingin Anda sampaikan dapat jelas dipahami dan sesuai dengan apa yang diterima oleh pendengar. 

Persiapan seringkali diremehkan. Faktanya, persiapan adalah hal paling dasar dalam kesuksesan berkomunikasi. Bila memungkinkan, aturlah waktu bicara dimulai, sehingga Anda memiliki waktu untuk mempersiapkan diri. Dengan memperhatikan tahap persiapan, Anda sedang meyakinkan bahwa komunikasi Anda akan lebih efektif dan dapat dimengerti serta meyakinkan pendengar bahwa informasi yang ingin Anda sampaikan ini bersifat penting dan matang. 

Berkatalah dengan hidup dan menyala, dengan ini diharapkan tersampaikannya kadar emosi yang tersimpan didalam informasi yang Anda sampaikan. Tapi, tidak berlebihan dan mengada-ngada, buatlah secara alamiah dan tidak bertele-tele atau ringkas. Sehingga tidak ada kesan melebih-lebihkan. 

Komunikasi

TANYAKAN PADA DIRI SENDIRI: WHO? WHAT? HOW? WHEN? WHERE? WHY?

Kepada siapa Anda berbicara ? Apa yang menarik bagi mereka ? Apa niali-nilai yang mereka anut ? Apa keunikan dan kekhasan mereka masing-masing ? Apa Latar belakang mereka ?

Apa yang ingin Anda komunikasikan? Salah satu cara menjawab pertanyaan ini adalah dengan bertanya pada diri  Anda sendiri tentang “kriteria sukses”. Setahu Anda, bagaimana dan kapan Anda berhasil mengkomunikasikan isi kepala Anda kepada orang lain?

Bagaimana cara yang paling baik untuk mengkomunikasikan pesan Anda? Bahasa menjadi unsur penting disini, seperti juga tanda-tanda non-verbal lainnya. Pilihlah kata-kata dan tanda-tanda non-verbal dengan melibatkan pendengar. Rencanakan bagian pembuka, isi dan penutup. Jika waktu dan tempat memungkinkan, pertimbangkanlah alat bantu visual. 

Kapan ? Timing adalah suatu hal sangat penting. Kembangkanlah kemampuan penguasaan timing yang baik, sehingga kontribusi Anda bisa terlihat dan terdengar relevan dengan isu yang Anda bicarakan. Ada waktunya bicara dan ada waktunya untuk diam. Adalah lebih baik diam daripada bernyanyi dengan nada yang fals.

Dimana ? Apa yang menjadi konteks fisik dari komunikasi yang Anda bangun ? Anda mungkin perlu mengunjungi ruang tempata Anda akan berbicara, dan mungkin saja Anda merasa perlu mengatur tata ruang kembali. Coba dilihat lagi berbagai hal yang berkaitan dengan “availability” dan “visibility”. Alat bantu audio atau visual lainnya. 

Mengapa ? Dalam rangka mengubah “pendengar” menjadi “penyimak”, Anda perlu mengetahui mengapakah mereka harus menyimak Anda. Apa yang akan membiat mereka bersedia menyimak, yang mengimplikasikan bahwa Anda sendiri juga mengetahui mengapa Anda ingin berkomunikasi dengan mereka ? Ini berkaitan dengan nilai atau manfaat atau daya tarik dari apa yang akan Anda bicarakan.

Jadilah ringkas dan jelas. Gunakan kata dan kalimat yang pendek.

CAMP GROUND

Outbound – Camping – Gathering – Adventure 

+62 813-1074-2403 (Official Marketing) +62 877-7023-4445 (Tri Siswati)