Camping Bersama Anak, Apa Manfaatnya?

Camping bersama anak, apa sih manfaatnya ? – Apakah yakin kita akan mengajak anak-anak untuk camping? Bagaimana keamanannya? Apa bahaya mengajak anak camping atau bermain di outdoor dan luar ruangan? Biasanya camping lebih dikenal dengan menginap dalam sebuah tenda di luar ruangan yang identik dengan alam bebas, pegunungan dan hutan.  Lalu, kenapa saat ini sangat ramai orang berbondong bondong untuk family camp atau kemping bersama keluarga? Adakah manfaat lain dari camping selain refreshing dan menyegarkan pikiran untuk orang dewasa, adakah manfaat untuk anggota keluarga lainnya, anak misalkan?

Ya,, nyatanya, camping sangat bermanfaat bagi anak sebelum anak itu beranjak dewasa. Jadi, apa aja sih manfaat Camping untuk anak?

Camping Seru

Camping dapat melatih dan meningkatkan fisik anak

Anak tidak memiliki ketahanan fisik  sebaik orang dewasa. Dapat dikatakan, bahwa anak kecil akan lebih rentan dengan udara luar. Terlebih lagi berhubunagn dengan cuaca yang ekstrim seperti di pegunungan dan hutan. Walaupun menurut penelitian Thomas Tallman.DO yang merupakan dokter ahli megungkapkan bahwa udara dingin/ panas tidak akan membuat anak sakit atau terserang flu.

Anak kecil yang sering kali diajak untuk berkemping dan bertemu dengan udara luar justru akan membuat fisik mereka bekerja dengan maksimal. Ketahanan dalam menjaga fisik dari serangan virus dan bakteri di luar ruangan akan bekerja secara maksimal, dan akan menjadi kuat dari waktu ke waktu.  Sehingga jika anak dibiasakan camping maka ketahanan fisik merekan akan semakin baik dan terbiasa dengan kondisi di luar ruangan.

Tapi jangan juga memaksakan anak untuk ikut camping saat anak anda sedang mengalami flu atau demam, karena cuaca yang tidak menentu justru dapat membuat fisik semakin memburuk dan mudah terserang penyakit. Ajaklah mereka camping  saat sedang dalam kondisi fisik terbaik dan segar bugar.

 

Kegiatan Outdoor dan luar ruangan akan membuat anak  menjadi lebih percaya diri

Kegiatan outdoor dan luar ruangan membuat anak menjadi lebih percaya diri. Sejatinya setiap anak memiliki sifat yang berbeda-beda, ada anak yang pendiam dan juga anak yang pemberani. Antara introvert dan extrovert serta ambivert.  Masing masing anak memiliki keberanian dan mental yang berbeda-beda. Sangat salah jika kita memposisikan anak kita sama dan setara dengan anak lainnya. Jika kita memiliki anak yang pendiam, cobalah bawa anak kita untuk camping.

Saat camping, kita akan otomatis mengenalkan lingkungan baru kepada anak, dengan cara seperti itu anak pasti akan merasa ingin tahu akan lingkungan baru ini.  Jika sudah seperti itu, maka pasti anak akan bertanya ini dan itu, mungkin juga malah mengajak orang tuanya untuk berkeliling karena ingin mengenal lingkungan yang menurutnya baru. Secara tidak langsung, anak akan belajar menjadi lebih percaya diri dengan bertanya.

Camping Sekolah

Mengajak anak berkegiatan di luar ruangan akan membuat anak terbiasa jauh dari gadget dan teknologi zaman sekarang.

Saat ini setiap orang tak pernah bisa lepas dengan teknologi, mulai dari TV, Smartphone, Tab dan Game portable ataupun online. Bahkan anaj umur 3 tahun pun sudah dikenalkan gadget oleh orang tua mereka saat ini. Kegiatan luar ruangan akan membuat anak untuk melupakan gadget mereka. Anak yang terbiasa dengan gadget akan menganggap bahwa gadget lebih seru dan mengasyikan dari aktivitas lainnya.
Kegiatan luar ruang akan membuat anak anak menyadari betapa lebih menyenangkan aktivitas di luar ruang ini. Karena dengan gadget yang saat ini sangat digandrungi membuat anak anak lebih senang berdiam diri dengan gadget mereka, daripada beraktivtas dan bersosialisasi dengan dunia luar.

Coba kita ajak anak untuk sesekali berkemah dan berkegiatan di luar ruangan dan jauh dari jangkauan teknologi, mereka akan belajar hidup dan tidak tergantung dengan gadget mereka. Biarkan mereka beraktivitas di luar, menghirup udara segar dan belajar bersosialisasi

Kegiatan ini mengajak anak untuk belajar bersosialisasi dengan orang lain.

Kehidupan anak yang tidak jauh dari bangun tidur, sekolah, les, makan malam, dan tidur, dimana setiap harinya mereka akan secara rutin melaksanakan kegiatan sehari-hari mereka secara runtut. Oleh karena itu, terkadang anak berfikir bahwa tugas dan hidup mereka hanyalah untuk melakukan hal-hal yang itu itu saja.

Bawa anak untuk berkemah serta atau beraktivitas dan bertemu dengan orang-orang baru di luar sana, Dengan bertemu orang baru saat berkemah, mereka akan otomatis belajar mengenal hal baru dan tanpa disadari mereka akan belajar untuk bersosialisasi dengan orang baru (camper lainnya)

Camping di Pesona Highland

Camping dan kegiatan luar ruang membiasakan anak bermain dengan alam

Memutuskan untuk berkemah dengan anak dan anggota keluarga lainnya, berarti memberi kesempatan untuk anak agar belajar dan bertemu langusng dengan alam. Maka, anak akan otomatis
berkenalan dengan alam Jika sudah terbiasa dengan lingkungan alam, mereka pasti akan tertarik dengan berbagai hal tentang alam.
Kebanyakan anak yang sering bertemu dengan alam, biasanya akan  menjadi anak yang sensitif terhadap sesuatu yang berhubungan dengan isu lingkungan. Mereka juga akan menjadi pribadi yang lebih tenang dan akan secara otomatis mempunyai nilai kepribadian dan kepedulian yang sangat tinggi

Ciptakan kenangan yang tak terlupakan dengan melakukan hal-hal seru saat camping

Bicara tentang camping berarti akan bicara tentang kenangan yang indah. Itu yang saya rasakan ketika camping. Ciptakan dan berikan momen dan ingatan yang menyenangkan dan tidak terlupakan kepada anak. Buat anak anak merasa bahagia dan antusias mengikuti aktivitas camping ini. Ajak mereka memasak makanan favorit keluarga, ajak mereka bernyanyi bersama.

Aktivitas camping  ini akan mejadi satu pengiat dimasa dewasa sang anak nanti, dan mengingatkan lagi betapa tercurahnya kasih sayang dari kedua orang tua nya.

Camping dapat membuat si Anak menjadi lebih aktif.

Berada dan berkativitas di luar ruangan akan membuat anak menjadi lebih bebas dalam melakukan sesuatu. Seperti berlari, menari, berolahraga dan melakukan aktivitas-aktivitas lainnya yang membuat si anak melibatkan aktivitaas fisik yang lebih aktif. Hal ini tentu saja akan membuat anak akan lebih aktif dan bersemangat.
Membawa anak untuk camping di tempat bariu, mereka akan senang dan ogah untuk bermalasmalasan atau tidur di tenda karena pastinya akan ada spot spot menarik yang harus dijelajahi yang tidak pernah ia lihat di rumah sebelumnya.

Liburan di ruang terbuka akan mempertemukan anak dengan teman baru.

Anak kecil biasanya hanya memiliki teman main disekitar rumah (tetangga) atau teman sekolah saja. Padahal diluar sana masih banyak anak lain yang belum anak kenal. Saat membawa anak untuk camping, otomatis anak akan bertemu dengan orang baru yang belum pernah ia kenal. Jika beruntung, anak bisa memiliki banyak teman camping  yang bisa diajak bermain dan menghabiskan waktu camping. Bahkan mungkin saja akan terjalin pertemanan yang lebih intens.

Adanya teman yang anak kenal akan membuat si anak lebih tertarik lagi saat orang tua mengajaknya camping untuk kedua kalinya karena adanya teman baru yang menantinya di tempat camping nanti.

Camping bisa menghilangkan tekanan pada anak akan dunia luar/dunia sekolah

Dunia anak terkadang tidak seindah yang dibayangkan kedua orang tuanya. Kadang, mereka mengeluh akan satu atau dua hal, misalkan pekerjaan rumah dari sekolahnya yang membuat pusing mereka, atau bully-an dari temen teman mereka. Membawa anak untuk camping akan memberi mereka waktu untuk berbagi cerita dan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti bernyanyi bersama atau melihat pemandangan alam agar anak menjadi lebih tenang dan fresh kembali.

Camping Bersama Anak